Selasa, 25 Januari 2011

Teknologi Informasi Auditing

Apa ang dimaksud dengan Auditing : Auditing adalah suatu proses untuk memperoleh dan mengevaluasi kegiatan dan kejadian ekonomi dengan tujuan untuk menetapkan tingkat kesesuaian antara pernyataan – pernyataan tersebut dengan kinerja yang sudah dijadualkan dan hasilnya diharapkan bisa berguna bagi pengguna.
Audit
Pengertian Audit menurut Arens, et al. (2003) yang diterjemahkan oleh Kanto Santoso,Setiawan dan Tumbur Pasaribu:”Audit adalah proses pengumpulan danpengevaluasian bukti-bukti tentang informasiekonomi untuk menentukan tingkat kesesuaianinformasi ekonomi tersebut dengan kriteriakriteria yang telah ditetapkan, dan melaporkan hasil pemeriksaan tersebut”.Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa audit merupakan salahsatu jasa atestasi dari profesi akuntan publik dimana orangnya disebut dengan istilah auditor sedangkan pekerjaannya disebut dengan auditing. Auditing menurut Alvin A. Arens, Mark S. Beaslev, (2003) adalah:
”Auditing is the accumulation and evaluation of evidence about information, and established
criteria. Auditing should be done by a competent, independent person”.
Adapun kegiatan itu menyangkut :
1. Proses pengumpulan dan evaluasi bahan bukti
2. Informasi yang di evaluasi tentang hal – hal yang bersifat kualitatif dan harus dikelompokan terlebih dahulu, sehingga dapat dinilai menurut ukuran yang jelas
3. Dilakukan oleh seseorang yang berkompeten dan independen atau bisa di sebut sebagai ( Auditor )
4. Melaporkan kan hasil yang berisi informasi tntang kesesuaian antara informasi yang diuji dengan kriterianya

0 komentar :

Posting Komentar